Desain Media Pembelajaran Berbasis “Flash Card” Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs.S Manunggal Bdr. Khalipah

Lubis, Fityatul Mujahidah (2021) Desain Media Pembelajaran Berbasis “Flash Card” Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs.S Manunggal Bdr. Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi paling baru pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendesain Media "flash card" guna untuk membantu dalam penguasaan mufradat pada siswa kelas VII MTs.S Manunggal Bdr. Khalipah. Media flash card ini dapat menarik perhatian siswa dan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa arab untuk kelas VII dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 komponen yang saling berkaitan dan terstruktur yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, angket, pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji produk, secara umum media pembelajaran “flash card” telah memiliki kualitas yang layak. Respon siswa dalam uji coba produk memperoleh kategori penilaian “positif” dengan skor rata-rata 4,8. Hasil penilaian ahli terhadap “ media flash card” nilainya adalah 4.1. serta adanya pengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa arab dapat dilihat dari hasil nilai pre test dan post test dengan selisih 22.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Media Flash Card, Pembelajaran Mufradat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:14
Last Modified: 24 Aug 2022 06:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item