Kemampuan Guru Bersertifikasi Dalam Mengembangkan Tugas Pokok Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Rantau Selatan

Khairul, Khairul (2020) Kemampuan Guru Bersertifikasi Dalam Mengembangkan Tugas Pokok Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Khairul.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelejaran, metode pembelajaran dan materi pembelajaran SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 2) Pelaksanaan atau mengemplementasikan program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 3) Pengawasan atas kinerja yang dilakukan oleh guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan tersebut di dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 4) Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengevaluasi kinerja guru yang telah sertifikasi dalam meningkatkan kualitas dan mutu kinerjanya di MTs Negeri 2 Medan SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil temuan peneltian adalah: 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelajaran, metode pembelajarn dan materi pembelajaran ialah sebelum guru memulai pembelajaran di dalam kelas guru terlebih dahulu mempersiapkan instrumen-instrumen yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran. Adapun instrumen yang harus dipersiapkan guru sebelum memulai pembelajaran ialah: (a) menyusun RPP, (b) Silabus, (c) Analisa Materi-materi Pembelajaran, (d) Program Tahunan, dan (5) Program Semester. 2) Implementasi program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi di (Nama Sekolahnya) berjalan dengan baik. Terlihat jelas bahwa persiapan yang dibuat oleh guru mata pelajaran terutama pada guru yang telah sertifikasi sebelum proses pembelajaran di mulai. Pelaksanaan yang di lakukan guru didalam kelas sesuai dengan apa yang disusun sebelumnya, sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan efektif dan efesien. 3) Pengawasan atas kinerja yang di lakukan terhadap guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang di lakukan terhadap sangat berpengaruh besar terhadap kinerja guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:46
Last Modified: 22 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item