Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA pada Konsep Benda dan Sifatnya Di kelas V MIS Islamiyah Sunggal

Sari, Tia Yustika (2020) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA pada Konsep Benda dan Sifatnya Di kelas V MIS Islamiyah Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI TIA YUSTIKA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan tanpa menggunakan metode Eksperimen di MIS Islamiyah Sunggal; (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan dengan menggunakan metode Eksperimen di MIS Islamiyah Sunggal; (3) Pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIS Islamiyah Sunggal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Islamiyah Sunggal yang berjumlah 43 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A (kelas Eksperimen) yang berjumlah 21 siswa dan kelas V-B (kelas kontrol) yang berjumlah 22 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, Uji Wilxocon, dan Uji Mann-Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Konvensional memperoleh rata-rata 71.1364. (2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode Eksperimen memperoleh rata-rata 82.1429. (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann- Whitney dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,009 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada konsep benda dan sifatnya di kelas V mis Islamiyah sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:26
Last Modified: 18 Aug 2022 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item