Penerapan Pembelajaran Jigsaw Dengan Menggunakan Media Teka – Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mobilitas Sosial Kelas VIII SMP Swasta Al –Hikmah Medan

Fitria, Lilis D. (2020) Penerapan Pembelajaran Jigsaw Dengan Menggunakan Media Teka – Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mobilitas Sosial Kelas VIII SMP Swasta Al –Hikmah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Bismillah turnitin Skripsi (Lilis D. Fitria)-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Jigsaw Dengan menggunakan Media Teka – teki Silang di SMP SWASTA Al – Hikmah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mana pada saat penelitian dilalui 2 siklus dan terdiri dalam 4 tahap yaitu, perencanaan, Tindakan, pengamatan dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII (Siang) yang mana berjumlah 34, terdiri dari 13 siswa dan 21 siswi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan persentase yang diperoleh sebesar 66,58%. Setelah Penerapan Pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan Media Teka – Teki Silang dalam pembelajaran IPS diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan persentase sebesar 69,08%, dalam siklus I ini sudah ada peningkatan dari yang sebelumnya namun dalam hal ini hasil belajar siswa masih belum sesuai yang diharapkan atau masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dan selanjutnya guna memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa maka dilakukan perbaikan pada siklus I dan dilanjutkan ke siklus II, yang mana pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 89,05%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan Pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan Media Teka – Teki Silang dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan Hasil belajar Siswa kelas VIII (Siang) di SMP Swasta Al – Hikmah Medan T.P 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jigsaw, Media Teka – Teki Silang, Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:53
Last Modified: 11 Aug 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

View Item View Item