Lestari, Novia (2021) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dengan Metode Eliminasi Gauss-Jordan Pada Siswa MAN BatuBara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi Novia Lestari_0305171039.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan peserta didik menyelesaikan soal SPL dengan metode gauss-jordan, jenis kesalahan peserta didik menyelesaikan soal SPL dengan metode gauss-jordan, dan faktor penyebab kesalahan peserta didik menyelesaikan soal SPL dengan metode gauss-jordan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA2 MAN BatuBara yang berjumlah 26 siswa dengan mengambil 8 siswa untuk dijadikan sebagai subjek wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Siswa berkemampuan tinggi, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 81-100 yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) Siswa berkemampuan sedang, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 65-80 yang hampir dibawah KKM; 3) Siswa berkemampuan rendah, memiliki kesalahan yang cukup banyak dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 0-64 nilai dibawah KKM. Simpulan penelitian ini menjelaskan (1) Letak kesalahan siswa adalah: (a) Kesalahan Fakta, (b) membuat model matematika, (c) kesalahan Operasi, (d) kesalahan penulisan angka, dan (e) kesalahan tidak menjawab soal, (2) faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu: (a) faktor kesalahan fakta (b) faktor kesalahan konsep, (c) faktor kesalahan operasi, (d) faktor kesalahan kecerobohan, dan (e) faktor kesalahan penarikan kesimpulan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal, Metode Gauss Jordan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14923 |
Actions (login required)
View Item |