Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Penyelenggaraan Jenazah Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Pemanfaatan Media Audiovisual Di Kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Sei Kanan Labuhan Batu Selatan

Zakiah, Nurlaini (2010) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Penyelenggaraan Jenazah Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Pemanfaatan Media Audiovisual Di Kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Sei Kanan Labuhan Batu Selatan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-IPA SMA Negeri Sei Kananpada materi penyelenggaraan jenazah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik tentang penyelenggaraan jenazah sebelum penerapan pembelajaran kooperatif dengan pemanfaatan media audiovisual, 2) Aktivitas guru selama penerapan tindakan, 3) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan tindakan, 4) Persentasi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan tindakan, 5) Aktivitas dan respon peserta didik terhadap tindakan dan 6) Suasana pembelajaran selama penerapan tindakan. PTK ini didesain untuk pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif dan media audiovisual. Tindakan dilaksanakan pada 1 siklus. Siklus terdiri tiga pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-IPA SMA Negeri Sei Kanan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata hasil belajar peserta didik pra-tindakan adalah 70.41. Persentasi kelulusan sebesar 33.33%. 2) Aktivitas guru selama penerapan tindakan dapat dikelompokkan kepada 4 bagian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. 3) Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 80.54 dengan tingkat kelulusan 76.67%. 4) Persentasi peningkatan hasil belajar peserta didik dari pratindakan ke siklus I adalah 14.93%. Sedangkan peningkatan pada tingkat kelulusan adalah 43.33% atau 13 peserta didik. 5) Aktivitas peserta didik selama penerapan tindakan terfokus kepada menyimak penjelasan guru, melihat tayangan, mencari informasi sebagai anggota kelompok dan praktek. Respon peserta didik terhadap tindakan adalah positif sebesar 96.67%. 6) Suasana pembelajaran selama tindakan kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media audiovisual efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyelenggaraan jenazah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mrs Hildayati Raudhah
Date Deposited: 05 Feb 2016 03:44
Last Modified: 05 Feb 2016 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item