Dayanti, Pitri (2021) Penerapan Metode Dengar Ucap Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca bagi Siswa Kelas V MIS Tarbiyah Al-Islamiyah Al-Musthofawiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
PITRI DAYANTI 0302171024.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Kemampuan membaca sebelum menggunakan metode Dengar Ucap bagi kelas V MIS Tarbiyah Al-Islamiyah Al- Musthofawiyah Medan. 2). Kemampuan Membaca setelah penerapan metode dengar ucap pada pembelajaran bahasa Arab di kelas V MIS Tarbiyah Al-Islamiyah Al- Musthofawiyah Medan. 3). Penerapan Metode Dengar Ucap pada pelajaran bahasa Arab yang dapat meningkatkan kemampuan Membaca siswa di kelas V MIS Tarbiyah Al-Islamiyah Al-Musthofawiyah Medan. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Terdapat empat langkah penerapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas V sebagai subjek yang terdiri dari 30 siswa. adapun metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan tes dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Kemampuan membaca siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 51,83%, siswa yang tuntas 20%. 2). Kemampuan membaca siswa setelah penerapan Metode Dengar Ucap pada Siklus I nilai rata-rata menjadi 71,9% siswa yang tuntas sebanyak 60%. 3). Kemampuan membaca siswa Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,1% siswa yang tuntas sebanyak 83,33%.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Dengar Ucap, Kemampuan Membaca |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:58 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14609 |
Actions (login required)
View Item |