Pengaruh pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Nur Ihsan Medan

Mahrani, Eka (2021) Pengaruh pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Nur Ihsan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
EKA MAHRANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu indikator dan tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses belajar adalah hasil belajar. Hasil belajar itu sendiri merupakan suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar. Salah satu faktor yang ada di luar individu yang mempengaruhi hasil belajar adalah tersedianya media pembelajaran yang memberi kemudahan bagi individu untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui berapa besar hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan sebelum memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT, Mengetahui berapa besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Nur Ihsan Medan dengan di manfaatkannya media pembelajaran berbasis ICT, Mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Nur Ihsan Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Frekuensi pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Nur Ihsan Medan dapat dikatakan tinggi. Dan jenis media pembelajaran berbasis ICT yang sering di manfaatkan oleh guru adalah LCD, Laptop/komputer, Aplikasi Pembelajaran, dan internet, sedangkan untuk pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT selain itu hampir tidak pernah dilakukan oleh guru IPS. 2) Perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Nur Ihsan Medan tergolong baik. Hal ini dibuktikan kategori sangat baik dengan skor 87-100 sebanyak 16 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, untuk kategori baik sebanyak 72 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, dan untuk kategori cukup dengan skor 75-80 sebanyak 63 siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa, dan untuk kategori kurang dengan skor 69-74 berjumlah o siswa dari sampel yang berjumlah 151 siswa. 3) Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwasanya ada pengaruh positif signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Nur Ihsan Medan dengan besar sumbangan 28,8% sumbangan yang diberikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Nur Ihsan Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis ICT, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:59
Last Modified: 01 Aug 2022 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item