Pengembangan Media Kubus Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs PAB 1 Helvetia

Natasya, Mahmuda (2021) Pengembangan Media Kubus Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs PAB 1 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI TTD BEBAS PERPUS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengembangan Media Kubus Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs PAB 1 Helvetia bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Bahasa Arab yang dapat membantu peserta didik karena dengan media ini siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan membaca serta juga dapat menarik minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian R&D (Research and Development). Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas tujuh dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 komponen yang saling berkaitan dan terstruktur yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil uji produk, secara umum media pembelajaran Bahasa Arab “ Kubus “ untuk kelas tujuh MTs PAB 1 Helvetia telah memiliki kualitas yang baik. Respon siswa dalam uji coba produk memperoleh kategori penilaian “ positif “ dengan skor rata-rata 4,2, serta adanya pengaruh media terhadap peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab dapat dilihat dari hasil nilai pre test dan post test dengan selisih nilai sebesar 24 poin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Kubus, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:53
Last Modified: 20 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item