Penerapan Metode Menghafal Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTS Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang

Musanti, Nia (2021) Penerapan Metode Menghafal Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTS Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NIA BEBAS PERPUS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1). Penguasaan mufrodat siswa sebelum menerapkan Metode Menghafal pada Bahasa Arab materi Albaitu Wa Ma Fiihi di kelas VII MTS Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. (2). Penguasan mufrodat siswa setelah menerapkan Metode Menghafal pada pelajaran Bahasa Arab materi Albaitu Wa Ma Fiihi di kelas VII MTS Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. (3). Adanya Peningkatan Penguasaan mufrodat siswa dalam mata pelajaran Bahasa arab materi Albaitu Wa Ma Fiihi setelah menerapkan Metode Menghafal di kelas VII MTS Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian dikelas VII D Putri terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) penguasaan Mufrodat siswa sebelum tindakan/ pra siklus memperoleh nilai rata-rata 59,2%, siswa yang tuntas hanya 5 siswa dengan prentase nilai 20% (2) Penguasaan mufrodat siswa setelah diterapkan metode Menghafal pada siklus I nilai rata-rata mulai meningkat menjadi 73,6% siswa yang tuntas terdiri dari 12 orang siswa dengan nilai 48%. (3) Penguasaan Mufrodat siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yang meningkat menjadi 84,8% siswa yang tuntas terdiri dari 23 orang siswa dengan presentase nilai 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Menghafal dapat meningkatkan Penguasaan mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa arab materi Albaitu Wa Ma Fiihi setelah menerapkan Metode Menghafal di kelas VII MTS Muallimin Muhammadiyah Bangkinang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Menghafal, dan Penguasaan Mufrodat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:09
Last Modified: 20 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item