Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Pada Pembelajaran Mufradat Untuk Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Al- Musthafawiyah” Medan

Pane, Siti Mutiah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Pada Pembelajaran Mufradat Untuk Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Al- Musthafawiyah” Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Siti Mutiah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pop Up Book merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran, menambah minat belajar dan menghindari adanya rasa bosan peserta didik. Karena Pop Up Book ini memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan bentuk 3D suatu benda, dan dapat mengubah pola belajar peserta didik juga. Dari kegiatan yang hanya membaca menjadi membuka, melipat dan mengangkat lembaran-lembaran Pop Up Book. Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu: 1)Bagaimana prosedur Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Pada Pembelajaran Mufradat Untuk Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Al-Musthafawiyah” Medan, 2)Bagaimana hasil validasi Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Pada Pembelajaran Mufradat Untuk Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Al-Musthafawiyah” Medan, 3)Bagaimana hasil uji coba Pengebmbangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Pada Pembelajaran Mufradat Untuk Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Al-Musthafawiyah” Medan. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development),dan teknik pengumpulan datanya dengan kusioner, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian: 1)Pembuatan media Pop Up Book ini melalui 7 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. 2)Hasil validasi oleh ahli terhadap media “Pop Up Book” nilainya adalah 90% dan hasil validasi ini menunjukkan bahwa “Sangat Layak” , 3)Hasil uji coba produk menggunakan rumus N-Gain nilainya 78%, hasil uji coba ini menujukkan “efektif”. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media “Pop Up Book” sangat layak dan efektif pada pembelajaran mufradat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop Up Book, dan Mufradat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:11
Last Modified: 15 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item View Item