Assufi, Nur (2020) Desain Buku Saku untuk Maharah Kalam siswa Kelas VII SMP IT Aziziyah Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Nur Assufi 0302171032 (skripsi).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan buku saku, dan untuk mengetahui bagaimana proses validasi buku saku, dan untuk mengetahui bagaimana proses uji coba. Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku muhadatsah yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam mempelajari Bahasa Arab dan agar memudahkan siswa berbicara Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, melalui wawancara dan uji coba produk kepada siswa. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru kelas VII SMP IT Aziziyah, peneliti menemukan keluhan dari guru yang kesulitan dalam membuat siswa berbahasa Arab dikarenakan kurangnya perbendaharaan kata mereka membuat mereka kaku menggunakan bahasa Arab dalam keseharian mereka didalam sekolah. Dan hasil dari data yang diperoleh berdasarkan uji coba produk kepada 20 peserta didik di kelas VII SMP Islam Terpadu Aziziyah Binjai. Perbandingan kedua hasil perolehan nilai pretest dan posttest diatas dijelaskan bahwa hasil rata rata pretest 50,7 yaitu berada pada kisaran 41-60 yang termasuk kategori Cukup Baik, setelah dilakukan posttes hasil nilai rata rata 80,7 yaitu berada pada kisaran 61-80 termasuk kategori Baik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain, Buku saku, Maharah kalam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14294 |
Actions (login required)
View Item |