Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Al-qur'andi Kelas XI-IPA SMA Negeri 2 Muaradua Kabupaten Oku Selatan Provinsi Sumatera Selatan

Nuryadi, Kapi (2010) Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Al-qur'andi Kelas XI-IPA SMA Negeri 2 Muaradua Kabupaten Oku Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Masters thesis, PascaSarjana IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Cover tesis.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan guna memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI-IPA di SMA Negeri 2 Muaradua telah dilakukan dengan tujuan: (1) mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca Alquran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya. (2) mengetahui tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran membaca Alquran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya. (3) mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran membaca Alquran dengan strategi pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari hingga 3 Juni 2010. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 2 Muaradua Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA yang berjumlah 22 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Tindakan dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan strategi pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kelompok dengan bimbingan tutor sebaya. Teknik tes tertulis dan praktik dilakukan untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Angket dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya yang diterapkan. Pada akhir penelitian diperoleh hasil (1) aktivitas peserta didik dalam kegiatan kelompok dengan pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya menunjukkan bahwa peserta didik telah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. Indikatornya adalah kecenderungan peningkatan persentase aktivitas positif dari siklus I sampai siklus III. (2) ketuntasan hasil belajar peserta didik semakin meningkat, yakni: pada siklus I praktik 50 % dan tertulis 54,5%, pada siklus II praktik 68,2% tertulis 72,7%, dan pada siklus III praktik 77,3% tertulis 86,4% (3) peserta didik memberikan respon positif (sangat setuju dan setuju) dalam mengikuti pembelajaran kooperatif dan metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mrs Hildayati Raudhah
Date Deposited: 05 Feb 2016 02:26
Last Modified: 05 Feb 2016 02:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item