Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Dengan Sikap Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Di Kota Lhokseumawe

Puteh, Anwar (2021) Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Dengan Sikap Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Di Kota Lhokseumawe. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena keagamaan kajian yang sangat menarik untuk diteliti dan dikaitkan dengan konsep perilaku masyarakat sebagai konsumen suatu produk yang berbasis syariah. Penelitian tentang Kajian yang menyertakan hubungan antara perilaku keagamaan dengan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan terhadap suatu produk masih sedikit sehingga menarik minat peneliti. Religiusitias merupakan keadaan, pemahaman, ketaatan, seseorang dalam meyakini suatu agama yang diwujudkan dalam pengamalan nilai-nilai, dan tindakan sesuai ajaran agama dalam mengambil sebuah keputusan positif. Peran religiusitas dengan sikap dan kepercayaan nasabah serta keterkaitannya dengan keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan religiusitas terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah, baik secara langsung atau dimediasi oleh variabel sikap dan kepercayaan. Penelitian dilakukan di Kota Lhokseumawe. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan pada 200 responden. Data diolah dengan Analisis Jalur menggunakan program SEM Hasil penelitian membuktikan bahwa pengujian secara langsung diperoleh bahwa (a) religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap nasabah bank syariah, (b) berpengaruh positif terhadap kepercayaan nasabah bank syariah, (c) mempengaruhi nasabah dalam memilih bank syariah, (d) Sikap mempengaruhi keputusan nasabah, (e) kepercayaan mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Pengujian secara tidak langsung (jalur) menunjukkan (f) religiusitas juga berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah melalui sikap sebagai variabek intervening (g) berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah melalui kepercayaan sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini memperkuat teori perilaku konsumen dan temuan empiris sebelumnya bahwa religiusitas menjadi prediktor penting bagi perilaku konsumen khususnya mengenai dalam pengambilan keputusan. Sikap dan kepercayaan seseorang yang didasari oleh nilai-nilai agama yang diyakininya menjadi prediktor yang mengarahkan perilakunya untuk memutuskan terhadap pembelian terhadap satu produk. Manfaat dalam penelitian ini dapat merekomendasikan perbankan syariah perlu memberikan pelayanan dan menyediakan produk-produk unggulan, meningkatkan kualitas pelayanan seperti akad sesuai dengan syariah akan mempengaruhi sikap dan perilaku nasabah serta diharapkan dapat menjaga konsistensi nasabah agar menjadi loyal dalam menggunakan jasa bank syariah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:23
Last Modified: 14 Apr 2023 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item