Strategi komunikasi islami guru dalam pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityan School Medan dan Nurul Ilmi Kabupaten Deli Serdang

Hasibuan, Effiati Juliana (2021) Strategi komunikasi islami guru dalam pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityan School Medan dan Nurul Ilmi Kabupaten Deli Serdang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
DISERTASI EFFIATI JULIANA HASIBUAN finish.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Strategi komunikasi Islami guru dalam menyusun perencanaan komunikasi dalam pendidikan karakter siswa di SDIT Al Fityan School dan SDIT Nurul Ilmi. (2) Strategi komunikasi Islami guru dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan karakter di SDIT Al Fityan School dan SDIT Nurul Ilmi (3) Strategi komunikasi Islami guru dalam melaksanakan evaluasi pendidikan karakter di SDIT Al Fityan School dan Nurul Ilmi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber serta member check. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang menganalisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi komunikasi Islami guru dalam perencanaan pendidikan karakter siswa dari aspek komunikator dilakukan dengan mempersiapkan rekrutmen para guru pilihan sebagai komunikator utama penyampai nilai-nilai karakter, dari aspek pesan menyusun dan mengintegrasikan nilai nilai karakter di RPP dan menyiapkan berbagai program pendidikan karakter (2) Strategi komunikasi Islami guru dalam menyampaikan pendidikan karakter dilakukan dengan menyampaikan nilai-nilai karakter yang terintegrasi di RPP, penggunaan strategi komunikasi persuasif, komunikasi instruktif, teknik ganjaran dan komunikasi informatif. (3) Strategi komunikasi islami guru dalam proses evaluasi pendidikan karakter menggunakan metode observasi berdasarkan indikator penilaian sekolah dan rapat akhir semester. Kesimpulan penelitian ini strategi komunikasi islami guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter sudah terlaksana dengan baik di SDIT Al Fityan School Medan dan Nurul Ilmi Kabupaten Deli Serdang

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2021 08:57
Last Modified: 16 Aug 2021 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12061

Actions (login required)

View Item View Item