Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Siswa Berpacaran Dan Dampak Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 1 Tapanuli Tengah

Tanjung, Putriyani (2021) Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Siswa Berpacaran Dan Dampak Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 1 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRIYANI TANJUNG 1-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi siswa berpacaran kelas XI IPA 2 MAN 1 Tapanuli Tengah. 2) Mengetahui dampak pacaran terhadap akhlak siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Tapanuli Tengah. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru BK, Guru Mata Pelajaran dan siswa kelas XI IPA 2 sebanyak (8 siswa). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan secara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi siswa berpacaran berjalan cukup efektif dengan melakukan pendekatan terhadap siswa terlebih dahulu. Guru BK juga memanggil siswa yang ketahuan berpacaran keruang BK untuk memperoleh informasi lebih jelas mengenai permasalahan yang dialami siswa. Guru BK juga melakukan kerja sama dengan melibatkan pihak-pihak lain dalam mengentaskan permasalahan siswa, seperti bekerjasama sama dengan guru mata pelajaran, guru wali kelas, orang tua murid, dan pihak-pihak lain yang ada kaitannya dengan permasalahan siswa, 2) ada perbedaan akhlak yang sangat signifikan antara siswa yang berpacaran dengan siswa yang tidak berpacaran. Sikap tersebut tampak jelas pada cara siswa bergaul dan berkomunikasi. Pacaran lebih banyak memberikan pengaruh negatif, seperti timbulnya malas pada siswa, mengganggu pikiran yang mengakibatkan aktifitas seseorang menjadi tidak berjalan dengan baik seperti biasanya. Merugikan diri sendiri karena dengan berpacaran akan mengakibatkan banyak waktu yang terbuang kepada hal-hal yang tidak bermanfaat, sehingga kewajiban yang harus kita laksanakan terabaikan begitu saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:59
Last Modified: 30 Jul 2021 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item