Model Better Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa-Siswi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh Medan

Adlan, Adlan (2021) Model Better Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa-Siswi Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Adlan - Repository.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan dari 3 rumusan masalah yang meliputi : 1) Bagaimanakah model pembelajaran Better Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh yang praktis?, 2) Bagaimana model pembelajaran Better Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh yang valid, 3) Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran Better Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh yang efektif?. Populasi penelitian ini adalah kelompok siswa kelas VIII A dan B SMPN 7 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan panduan wawancara, lembar observasi, dan angket berskala sikap dengan teknik analisis menggunakan model analisis data mengalir (flow model analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran BTL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh dengan tahapan-tahapan yang telah dilalui maka menghasilkan model BTL yang praktis dibandingkan dengan model konvensional, 2) Model pembelajaran BTL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh setelah melalui uji coba maka menghasilkan model yang valid, 3) Langkah-langkah model pembelajaran BTL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh setelah dilaksanakan ternyata memiliki langkah-langkah yang efektif dari langkah-langkah pembelajaran sebelum pengembangan.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:47
Last Modified: 21 Jul 2021 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item