Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Swasta Baharuddin

Siregar, Dian Ansari (2021) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Swasta Baharuddin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi bahasa arab dari Dian ansari siegar.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pembelajaran bahasa arab siswa kelas VII MTs BAHARUDDIN . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek yang digunakan adala siswa kelas VII MTs Baharuddin semester ganjil tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Metodw yang digunakan untuk analisis data adalah metode analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran bahasa arab dapat meningkatkan hasil belajar. Hal dapat dilihat dari rata-rata keaktifan siswa dari siklus I sebesar mengalami peningkatan pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase siswa yang tuntas KKM sebesar kemudian meningkat menjadi pada siklus ke II. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari siklus I menjadi pada siklus ke II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:54
Last Modified: 05 Jul 2021 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11781

Actions (login required)

View Item View Item