Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs Negeri 1 Medan

Lubis, Nur Asiah Amin (2019) Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs Negeri 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ASIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan bagaimana penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 1 Medan, serta proses pembelajaran Bahasa Arab dan faktor pendukung serta penghambat pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 1 Medan. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kurikulum 2013 khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Arab serta meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan mengambil objek di MTs Negeri 1 Medan. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru Bahasa Arab dan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Medan. Analisis data dilakukan dengan cara induktif yaitu penganalisaan data yang bertitik tolak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian disimpulkan secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa arab secara umum penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa arab kelas VII MTsN 1 Medan sudah sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah sebagaimana dimaksud meliputi: mengamati, menanya, asosiasi dan komunikasi. (2) Sedangkan pada proses pembelajaran menyentuh pada tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan .sedangkan dalam proses penilaian, guru sudah menggunakan penilaian autentik yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikansi atas hasil belajar peserta didik atas tiga ranah yang dinilai, yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 1 Medan. Faktor pendukung yaitu: kompetensi guru dan sarana dan prasarana. Dan faktor penghambat: alokasi waktu dan rombongan belajar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 May 2021 03:54
Last Modified: 20 May 2021 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item