Rusbianto, Rusbianto (2016) Problematika Pembinaan Akhlak Siswa Di Mts Darul Ulum Desa Karang Gading Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
COVER.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan akhlak yang dilakukan secara berkesinambungan oleh dewan guru di sekolah bertujuan untuk menghasilkan siswa yang berilmu sekaligus berakhlakul karimah. Meskipun pembinaan akhlak dilakukan secara terus menerus, tetapi masih banyak siswa yang berkelakuan kurang baik. Fakta tersebut didukung oleh terdapatnya siswa yang bolos dari sekolah dan pergaulan sehari-hari siswa tidak memperlihatkan tata kerama dan akhlak yang sesuai dengan Islam. Sebagai contohnya, siswa masih menganggap meninggalkan shalat adalah hal biasa, tidak menghargai guru, melawan kepada orang tua, merokok dan sebagainya. Fenomena ini mendorong guru agar lebih menyadari tugasnya, tidak sebatas mengajar di kelas, tetapi sekaligus sebagai pembina akhlak siswa di luar kelas. Atas dasar itu, penelitian ini mencoba mendalami bagaimana problematika yang dihadapi MTs Darul Ulum Desa Karang Gading dalam membina akhlak siswa, baik ditinjau dari gurunya, metodenya, siswa dan lingkungan pendidikannya. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak pengelola MTs Darul Ulum maupun siswa. Data juga dikumpulkan dari hasil observasi dan studi dokumentasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian mengungkap, bahwa: Pertama, problematika pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Ulum ditinjau dari sudut guru berkaitan dengan pandangan guru yang masih keliru terhadap tugasnya. Guru merasa tugasnya dalam membina akhlak siswa sebatas di kelas, sehingga di luar kelas, luput dari perhatian sebahagian guru. Kedua, problematika pembinaan akhlak siswa yang dihadapi MTs Darul Ulum ditinjau dari sudut metode, yaitu tidak semua guru menguasai berbagai metode pembelajaran, sehingga pembinaan akhlak di MTs Darul Ulum kurang maksimal. Ketiga, perbedaan karakter siswa menjadi problematika pembinaan akhlak siswa bagi guru di MTs Darul Ulum. Ketidak pahaman terhadap problem ini, di tambah lagi dengan siswa MTs adalah siswa yang sedang mengalami masa-masa perkembangan, pubertas, dan kelabilan emosi, membuat guru semakin kewalahan dalam melakukan pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Ulum. Keempat, suasana lingkungan pendidikan atau sekolah termasuk problema yang dihadapi oleh MTs Darul Ulum dalam pembinaan akhlak siswa. Dukungan lingkungan bagi siswa MTs Darul Ulum masih jauh dari harapan ideal, terutama dukungan lingkungan keluarga dan masyarakat. Paradigma masyarakat yang salah, yaitu beranggapan kalau anaknya sudah di sekolahkan, maka sekolah itulah yang bertanggung jawab untuk pembinaan akhlak anak, masih sangat kuat pada masyarakat setempat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 02:12 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 02:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |