Penerapan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan

Rusydi, Muhammad Alvin (2020) Penerapan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ALVIN ARAB.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Strategi yang digunakan oleh peneliti adalah metode kompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Arab siswa kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan dengan menerapkan metode pembelajaran kompetisi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui motivasi siswa, peneliti menggunakan lembar kerja siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebanyak 28 siswa. Dari tindakan awal (pre test) persentase ketuntasan klasikal diperoleh 7,14% (2 siswa). Setelah dilakukan tindakan pengajaran dengan menggunakan metode kompetisi, motivasi belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 39,3% (11 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, jadi pada siklus II hasil persentase ketuntasan klasikal diperoleh 85,7% (24 siswa). Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode kompetisi di kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 04:32
Last Modified: 17 Apr 2021 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item