Asfiati, Asfiati (2016) Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK YES.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI V.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan humanis merupakan salah satu aktivitas pembelajaran yang membantu peserta didik percaya diri dan mampu mengembangkan potensi. Pendekatan dengan mengembangkan kurikulum berdasarkan humanis bertolak dari ide memanusiakan manusia. Kurikulum 2013 berupaya mempersiapkan peserta didik yang memiliki keahlian hidup (life skill). Kurikulum 2013 ikut serta dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam berlandaskan nilai-nilai moral. Rumusan masalah penelitian adalah: 1). Apa landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 2). Bagaimana konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 3).Bagaimana implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan? Penelitian bertujuan untuk:1). Mengetahui landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam kurikulum 2013. 2). Mengetahui konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. 3). Mengetahui implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Alat pengumpul data adalah dokumentasi, interview dan observasi. Teknik analisa data adalah content analysis, hermeneutik untuk keabsahan data digunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: Landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 adalah: yuridis, filosofis, sosiologis, empiris, struktur kerja, organisatoris. Konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 ialah mengacu kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Implementasi pendekatan humanis dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Matauli Pandan ditempuh melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dijabarkan dalam kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.35 Kurikulum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:23 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |