Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel Kelas X SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2018 – 2019

Nadilla, Ziar (2019) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel Kelas X SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2018 – 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZIAR NADILLA pdf..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MIPA SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Dharma Patra P. Brandan TP 2018-2019 yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X MIPA-1 dan X MIPA-2 yang masing – masing berjumlah 36 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT pada materi SPLTV; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT pada materi SPLTV; 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT pada materi SPLTV; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa lebih baik diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS daripada dengan tipe TGT.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 07 Apr 2021 08:27
Last Modified: 07 Apr 2021 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item