Tashmimu Al-Wasaailu As-Sam’iyatil Al-Bashariyati Al-Barmajiyah At-ta’limi Maharah Al-Qira’ah Ladaa at-thulab fii shoffi at-tsaamin bil madrasati Al-Muthawasithathi Al-Hukumiyati At-Tsaaniyah Medan

Azmi, Ayu (2019) Tashmimu Al-Wasaailu As-Sam’iyatil Al-Bashariyati Al-Barmajiyah At-ta’limi Maharah Al-Qira’ah Ladaa at-thulab fii shoffi at-tsaamin bil madrasati Al-Muthawasithathi Al-Hukumiyati At-Tsaaniyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ayu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media adalah sarana pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa arab terdapat kendala diantaranya adalah keterbatasan media pembelajaran,yang menyebabkan para siswa kurang tertarik dalam mempelajari bahasa arab, selain itu faktor lainnya adalah perbedaan latar belakang sekolah sebelumnya, sehingga guru diharapkan dapat memberi motivasi dan inovasi dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab, khususnya pada Media Pembelajaran di bidang Maharah qira'ah. Dari permasalahan di atas, Maka peneliti tertarik untuk membahas penelitian tentang Desain Media Audiovisual Berbasis Software pada pembelajaran Maharah Al-Qira’ah untuk siswa kelas VIII di MTsN 2 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Desain Media Audiovisual Berbasis Software pada pembelajaran Maharah Al-Qira’ah untuk siswa kelas VIII di MTsN 2 Medan serta efektivitas penggunaan metode media pembelajaran berbasis software pada pembelajaran Maharah Al-Qira’ah untuk siswa kelas VIII di MTsN 2 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development berdasarkan odel ADDIE dengan menggunakan lima tahapan yaitu: Analisis masalah, Desain produk, Pengembangan produk, Impelementasi produk, dan Evaluasi produk. Populasi sample pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Medan. Dari penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa produk media audiovisual berbasis software untuk kelas VIII di MTsN 2 Medan. Berdasarkan hasil angket yang di tujukan kepada ahli materi 64% dan ahli media 79%, hasil angket dari guru mata pelajaran bahasa arab 79% dan dari nilai post tes siswa kelas kontrol 97 %dan dari kelas bebas 81% dengan keterangan sangat baik, dan layak, Saran untuk ke depannya, hendaknya ada penelitian lain yang nantinya akan melengkapi penelitian ini agar menjadi lebih baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:07
Last Modified: 26 Mar 2021 14:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item