Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Kelas VII MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang

Siregar, Roudhotul Jannah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Kelas VII MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROUDHOTUL JANNAH SIREGAR (BEBAS PERPUS & CD).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran Alquran Hadis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Madinatussalam Percut Sei Tuan sebanyak 15 siswa. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sebelum menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horay (CRH) terlihat bahwa nilai rata-rata siswa 52,13 yang tingkat ketuntasan belajarnya siswa secara klasikal hanya mencapai 13,3% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dan 86,7% dengan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Ini menunjukkan tingkat ketuntasan belajar secara maksimal masih rendah, maka selanjutnya dilakukan perbaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Sesudah menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat dilihat siswa yang aktif dalam mengemukakan pendapatnya saat berdiskusi meningkat dan tingkat ketuntasan belajar siswa telah mencapai indikator yang diharapkan. Nilai rata-rata siswa sesudah menggunakan strategi semakin meningkat yaitu 86,2 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (80%) dan siswa yang belum tuntas hanya 3 siswa saja (20%). Jadi, pembelajaran Alquran Hadis dengan menggunakan strategi pembelajaran Course Review Horay (CRH) ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:59
Last Modified: 08 Feb 2021 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item