Rezki, Sri (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Visual v(Film Animasi) Pada Pembelajaran IPA pada Materi Energi dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
skripsi sri rizky oke.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 162107 Tebing Tinggi, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Audio Visual (film animasi) sebagai sasaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual (film animasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Energi dan Perubahannya. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 siswa. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Setelah pelaksanaan kegiatan pra siklus diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 4 siswa (11,7%) dengan nilai rata-rata 42,9. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menngunakan media audio visual (film animasi) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 13 siswa (38,2%) dengan nilai rata-rata 65,8. Dan pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai ketuntasan yaitu berjumlah 31 sisiwa (91,2%) dengan nilai rata-rata 86,5. Dengan demnikian maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (film animasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi pada pelajaran IPA materi Energi dan Perubahannya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual (film animasi), Ilmu Pengetahuan Alam. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 04:55 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 04:55 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10529 |
Actions (login required)
View Item |