Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 104312 Kota Tengah

Susmita, Umi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 104312 Kota Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASLIUMI OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 104312 Kota Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model Group Investigation dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104312 Kota Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pada model kooperatif Tipe Group Investigation dengan hasil belajar siswa mengunakan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar yang dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen 77,91 dan skor rata-rata kelas kontrol 63,47. Dengan skor tersebut selanjutnya dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,712 > 2,014. Dengan hasil ini dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas Iv SD Negeri 104312 Kota Tengah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:07
Last Modified: 15 Jan 2021 06:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10503

Actions (login required)

View Item View Item