Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menanggapi Peristiwa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 106179 Desa Limau Kec. Tanjung Morawa

Utami, Nandha Sri (2019) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menanggapi Peristiwa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 106179 Desa Limau Kec. Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NANDHA SRI UTAMI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V pada materi Menanggapi peristiwa dikelas V SDN 106179 Desa Limau Manis Tanjung Morawa, (2) bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran jigsaw di kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa, (3) Apakah penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik pada materi menggapi peristiwa di Kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan tahap refleksi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa Kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa. Hasil Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa tahun pelajaran 2019, dengan menerapkan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik pada tes awal 64 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 53,5%, nilai rata-rata siklus I 68 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 68% dan pada siklus II nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 05:03
Last Modified: 15 Jan 2021 05:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item