Utami, Nandha Sri (2019) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menanggapi Peristiwa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 106179 Desa Limau Kec. Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
| 
 | Text SKRIPSI NANDHA SRI UTAMI.pdf Download (13MB) | Preview | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V pada materi Menanggapi peristiwa dikelas V SDN 106179 Desa Limau Manis Tanjung Morawa, (2) bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran jigsaw di kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa, (3) Apakah penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik pada materi menggapi peristiwa di Kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan tahap refleksi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa Kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa. Hasil Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 106179 Limau Manis Tanjung Morawa tahun pelajaran 2019, dengan menerapkan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik pada tes awal 64 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 53,5%, nilai rata-rata siklus I 68 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 68% dan pada siklus II nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86%.
| Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw | 
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3  Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi | 
| Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar | 
| Date Deposited: | 15 Jan 2021 05:03 | 
| Last Modified: | 15 Jan 2021 05:03 | 
| URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10499 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 

 ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]
 ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined] ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]
 ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]