Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Darul Hikmah TPI Medan

Sibuea, Shomali Kurniawan (2019) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SIAP SHOMALI SIBUEA(PEDI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Perencanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan; 2) Pelaksanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan; 3) Evaluasi model Discovery Learning dalam pembelajaran SKIdiMTs Darul Hikmah TPI Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitiankualitatif. Lokasi penelitian adalah MTs Darul Hikmah TPI Medan. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1). Perencanaan model Discovery Learning dalam pembelajaranSKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan mengacu kepada komponen input pembelajaran meliputi persiapan pembelajaran terdiri dari silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tujuan pembelajaran, metode pembelajaran serta media, alat, dan sumber pembelajaran.2).Pelaksanaan model Discovery Learning dalam pembelajaranSKI di MTs Darul Hikmah TPI Medanmengacu kepada komponen proses pembelajaran merujuk pada teori aplikasi model pembelajaran Discovery Learning yaitu terdiri dari Stimulation(Kegiatan memberi rangsangan), Problem statement (identifikasi masalah), Data Collectttion (Pengumpulan Data), Data Processing (Pengolahan Data), Verification (Pembuktian), dan Generalization (Menarik Kesimpulan); 3).Adapun evaluasi hasil belajar yang diperoleh adalah nilai rata-rata siswa pada ulangan harian pertama yaitu 82,73, pada ulangan harian kedua yaitu 85,52, dan pada ulangan harian ketiga yaitu 88,47. Dilihat dari hasil evaluasi tersebut maka penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan di kelas VII baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik dinilai berjalan baik dan efektif. Artinya kompetensi yang ingin dicapai telah terpenuhi hampir semua peserta didik memiliki nilai yang tinggi dengan predikat tuntas dan sesuai dengan harapan guru atau pendidik

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Jan 2021 14:52
Last Modified: 11 Jan 2021 14:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item