Pengaruh Strategi Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Negeri 1 Simangambat

Nasution, Martua Syahriadi (2020) Pengaruh Strategi Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Negeri 1 Simangambat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MARTUA SYAHRIADI NASUTION-TADRIS BIOLOGI 2 PDF 2.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui b aga ima na mo t ivas i da n ha s il be la jar s is wa setelah dilakukan proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang sudah divalidasi, dimana diperoleh data bahwa Rata – rata nilai hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen adalah (45,161), (71,855), (80, 242) dan nilai rata – rata nilai hasil belajar yang diperoleh kelas kontrol adalah (50, 25), (57, 417), (71, 917). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) berdasarkan skor tes akhir diperoleh nilai rata-rata 80,242; modus 80; median 80; serta simpangan baku sebesar 10, 5760; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional berdasarkan skor tes akhir diperoleh nilai rata-rata 71, 917; modus 75; median 75; serta simpangan baku sebesar 14, 4580; Simpulan penelitian ini menjelaskan Hasil Belajar IPA siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Konvensional pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di Kelas VIII SMP N 1 Simangambat Tahun Ajaran 2020/ 2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi, Strategi Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:29
Last Modified: 15 Dec 2020 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item