Harahap, Mail (2020) Penyelenggaraan Pelayanan Ibadah Haji Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI MAIL HARAHAP pdf.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian yang dilakukan peneliti di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara adalah untuk dapat mengetahui pelayanan administrasi, pelayanan bimbingan manasik haji yang diberikan kepada calon jama’ah haji serta mengetahui hambatan dalam pelayanan kepada calon jama’ah haji Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara. Segala bentuk pelayanan yang diberikan Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara telah dirumuskan dalam tiga (3) rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana pelayanan administrasi yang diberikan Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara kepada calon jama’ah haji Padang Lawas Utara?. 2) Bagaimana pelayanan bimbingan manasik haji Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara kepada calon jama’ah haji Padang Lawas Utara?. 3) Bagaimana hambatan yang dihadapi Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara dalam memberikan pelayanan kepada calon jama’ah haji Padang Lawas Utara? Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yaitu data dan informasi yang didapatkan melalui wawancara dengan narasumber, yang meliputi seksi penyelenggara haji dan umrah, jama’ah haji serta yang berhubungan dengan pelayanan jama’ah haji. Pelayanan jama’ah haji yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara adalah salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada seluruh masyarakat yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji dengan niat memudahkan para jama’ah haji dalam melaksanakan hajinya dari awal keberangkatan ke tanah suci hingga kembali ke tanah air menuju kampung halaman masing-masing dengan selamat dan demi mendapatkan ridho Allah SWT. Sesuai dengan penelitian bahwa: Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah sudah memberikan pelayanan terbaik kepada calon jama’ah haji yang datang. Pelayanan administrasi, seperti pendaftaran dan pembatalan akan dilayani dengan baik. Pelayanan bimbingan manasik haji juga dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kesemuanya betujuan memudahkan para calon jama’ah haji agar mendapatkan pelayanan sesuai dengan haknya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Ibadah Haji. |
Subjects: | 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.15 Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 05:08 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 05:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9983 |
Actions (login required)
View Item |