Pengaruh Model Mind Mapping Berbantuan Media Couple Cards Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020

Amdira, Mita Tryka (2020) Pengaruh Model Mind Mapping Berbantuan Media Couple Cards Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP MITA TRYKA AMDIRA, S.Pd (15 JUNI 2020).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkan model mind mapping berbantuan media couple cards pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa tahun ajaran 2019/2020, (2) seberapa besar perbedaan hasil belajar IPA menggunakan model mind mapping berbantuan media couple cards dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020, dan (3) seberapa besar pengaruh model mind mapping berbantuan media couple cards terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan tipe pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas V yang berjumlah 72 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa/i kelas V Yordania yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa/i kelas V Irak yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 51,9565 sedangkan nilai posttest nya sebesar 77,8261 dengan nilai dari 65 ke 90. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 44,545 sedangkan nilai posttest nya sebesar 66,364 dengan nilai dari 60 ke 80. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, didapatkan thitung = 4,941 dengan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5 % dan dk 43. Dengan demikian, thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Mind Mapping, media Couple Cards, hasil belajar IPA
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:40
Last Modified: 02 Nov 2020 06:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9756

Actions (login required)

View Item View Item