Metode Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Dayah Darul Mukhlisin Takengon Aceh Tengah

Hamdan, Hamdan (2020) Metode Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Dayah Darul Mukhlisin Takengon Aceh Tengah. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
DISERTASI (HAMDAN) PDF Lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika serta faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya problematika pembelajaran bahasa arab dan metode yang digunakan dalam mengatasinya serta faktor pendukung dalam mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab di Dayah Terpadu Darul Mukhlisin Takengon Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi naturalistik dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta studi dokumentasi dan dengan menggunakan pengolahan data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan analisa data. Hasil penelitaan ini adalah problematika pembelajaran yang ditemukan di Dayah Terpadu Darul Mukhlisin Aceh Tengah adalah problematika nahwu, sharf, dan maharah lughawiyah. dan faktor yang menyebabkan timbulnya problematika tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal santri. Metode dalam mengatasi aspek 1) nahwu adalah: merumuskan tujuan pembelajaran nahwu untuk setiap tingkat, mengajarkan kitab yang berfariasi dari jenis turas dan kitab modren, memberikan contoh yang beragam, menghindari kajian nahwu yang dapat membingungkan, dan berfariasi dalam menggunakan metode pembelajaran nahwu. 2). Aspek sharf : memperhatikan aspek pembelajaran sharf, membuat perencanaan tujuan pembelajaran sharf, memilih kitab pembelajaran ilmu sharf yang mudah, memperhatikan aspek metodologi pembelajaran sharf dan penekanan pada praktek. 3). Aspek maharah lughawiyah: merencanakan dan mengembangkan maharah lughawiyah, membuat tujuan pembelajaran, menyiapkan bahan ajar yang berfariatif, menyediakan laboratorium Bahasa Arab, menciptakan biah lughawiyah, menyiapkan media yang berfariatif, . menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar pembelajaran, membuat tugas/tulisan berbahasa Arab dan menggunakan metode yang beragam.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:00
Last Modified: 02 Sep 2020 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item