Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Pasien Penyalahgunaan Narkoba di Pusat Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA Yayasan Bahri Nusantara (BANTARA) Medan Indonesia Medan Selayang

Nuryachman, Nuryachman (2020) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Pasien Penyalahgunaan Narkoba di Pusat Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA Yayasan Bahri Nusantara (BANTARA) Medan Indonesia Medan Selayang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Nuryachman.docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan, juga pendekatan, metode, model, media atau alat yang digunakan, dan faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada pasien di Pusat Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA Yayasan Bahri Nusantara (BANTARA) Medan Indonesia Medan Selayang. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologis didukung dengan penggunaan teknik pengumpulan data trianggulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi juga dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan Islam terfokus pada penanaman nilai-nilai keimanan, akhlak, dan ibadah. Proses penanaman dilakukan melalui beberapa kegiatan. Pada penanaman nilai-nilai keimanan dilakukan melalui pemberian materi agama dengan pendekatan pensucian, metode dialog, model pembelajaran, dan penggunaan media berbentuk benda maupun tidak berbentuk benda. Sedangkan penanaman nilai-nilai akhlak dan ibadah menekankan pada pengaplikasiannya sehari-hari, menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, perintah, peringatan, dan larangan. Adapun faktor yang mendukung ialah dukungan penuh dari menejer, ketersediaan fasilitas yang memadai, pendidik yang berkompeten, dan adanya pemimpin diantara para pasien. Sebaliknya, faktor yang menjadi penghambat ialah ketidakhadiran sementara pendidik agama Islam, perbedaan daya tangkap, dan perbedaan latar belakang pasien

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Penyalahgunaan Narkoba, Rehabilitasi Sosial
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:52
Last Modified: 01 Sep 2020 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item