Hasibuan, Ibnu Afif (2020) Pengaruh Tingkat Pemahaman E-Money Dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Masyarakat Pemilik OVO Di Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah Masih terdapat masyarakat yang belum berminat dengan e-money, dan lebih memilih untuk menggunakan uang tunai. Masih terdapat masyarakat yang belum memahami e-money. Masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui kemanfaatan dari e-money. Merchant atau badan usaha yang menerima pembayaran dengan menggunakan uang elektronik atau e-money masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman terhadap minat menggunakan e-money pada pengguna e-money pemilik OVO, untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-money pada pengguna e-money pemilik OVO dan untuk mengetahui pengaruh tingkat dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-money pada pengguna e-money pemilik OVO. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini setelah pembulatan rumus Slovin maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara Pemahaman e-money terhadap Minat Menggunakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pemahaman E-Money terhadap Minat Menggunakan EMoney (Studi Kasus masyarakat Pengguna OVO). Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus masyarakat Pengguna OVO). Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara Pemahaman e-money dan Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus masyarakat Pengguna OVO). Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,230. Hal ini berarti 23% variasi variabel Minat Menggunakan (Y) ditentukan oleh kedua variabel independen yaitu Pemahaman E-Money (X1) dan Kemanfaatan E-Money (X2). Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 07:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 07:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9179 |
Actions (login required)
View Item |