Konsep Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran MI

Salminawati, Salminawati (2017) Konsep Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran MI. In: Prosiding Seminar Nasional Dan Pertemuan PD-PGMI Se-Indonesia. FITK Press, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, p. 10. ISBN 978-602-6804-14-3

[img]
Preview
Text
6. PROSIDING RIAU - Konsep Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran MI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8787 - Konsep Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran MI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu sistem pendidikan yang Islami dalam rangka mewujudkan sosok seorang Muslim yang diidealkan yakni seorang yang ahli fikir dan zikir (ūlul al-Bāb). Dengan demikian, secara filosofis teori-teori pendidikan yang dibangun harus bersumber dari ajaran Islam sebagai acuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang akan ditransinternalisasikan dalam praktek pendidikan. Adapun sumber pendidikan Islam terdiri atas enam macam, yaitu Alquran, as-Sunnah, kata-kata sahabat, kemaslahatan umat, tradisi atau adat kebiasaan masyarakat dan hasil pemikiran para ahli dalam lingkup pemikiran Islam. Keenam sumber pendidikan Islam tersebut didudukkan secara herarkis. Artinya, rujukan pendidikan Islam harus diawali dari Alquran untuk kemudian dilanjutkan pada sumber-sumber berikutnya. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah merupakan sebuah upaya untuk memadukan dua himpunan keilmuan yang mempunyai basis teoritis yang berbeda (umum dan agama) dengan cara menganalisis materi-materi pelajaran yang terdapat pada mata pelajaran umum maupun agama, kemudian dirancang ke dalam sebuah buku panduan yang komprehensif sehingga menjadi satu kesatuan yang integral.

Jenis Item: Bagian dari buku
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 May 2020 07:35
Last Modified: 20 Jul 2020 11:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item