Aziz, Mursal (2019) Implementasi Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah Dalam Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah Di Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
PDF DISERTASI MURSAL AZIZ.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui proses formulasi kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Kemudian mengetahui langkah-langkah implementasi kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam mengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Mengetahui karakteristik implementasi kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Kemudian mengetahui proses pengorganisasian implementasi kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Kemudian mengetahui monitoring dan evaluasi implementasi kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Penelitian ini bersifat kualitatif. Proses penggalian data secara holistik baik dengan cara wawancara secara mendalam dengan serangkaian pertanyaan, observasi berupa pengamatan, serta pengumpulan dokumen dengan tujuan untuk mendapatkan data yang benar dan sahih. Ada 5 (lima) temuan yang menjadi hasil penelitian ini. Pertama: Proses formulasi kebijakan yang dilakukan oleh Majelis Pendidikan dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara dengan pelaksanaan kegiatan musyawarah atau pertemuan. Pertemuan tersebut dalam bentuk musyawarah atau Rakerja (rapat kerja). Kedua: Langkah-langkah kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah dalam bentuk musyawarah atau rapat, kemudian mengeluarkan SK (Surat Keputusan) dan disosialisasikan ke daerah-daerah. Ketiga: Karakteristik kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah adalah mata pelajaran Ke-Al Washliyahan, Imtihan Umumy dan Kurikulum Diniyah. Keempat: Proses pengorganisasian implementasi kebijakan Majelis Pendidikan melalui koordinasi Majelis Pendidikan baik wilayah, daerah dan kepala-kepala madrasah. Kelima: monitoring dan evaluasi Majelis Pendidikan Al-Washliyah bersamaan dengan pembinaan. Hal itu dilakukan dengan cara turun ke daerah sekaligus memonitoring semua program kebijakan-kebijakan yang harus diimplementasikan.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kebijakan, Pengembangan Kurikulum. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 02:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 02:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8600 |
Actions (login required)
View Item |