Tarigan, Azhari Akmal (2014) Dari Etika Ke Spiritualitas Bisnis. IAIN-SU Press dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Medan. ISBN 9789793020389
|
Text
DARI ETIKA KE SPIRITUALITAS BISNIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Belakangan ini kita sering mendengar istilah spiritual, spiritualitas, dan tasawuf. Selanjutnya kata tersebut dikaitkan pula dengan bisnis. Jadilah istilah spiritualitas bisnis menjadi bagian trend dari abad modern. Beberapa buku yang terbit belakangan juga telah memperbincangkan spiritualitas bisnis. Intinya, dunia bisnis tidak saja membutuhkan etika (etika bisnis) tetapi juga spiritualitas bisnis. Etika bisnis bisa saja bersumber dari sistem etika sekuler dan rasional, namun spiritualitas bisnis lebih bersifat ruhaniah. Dengan kata lain, spiritualitas bisnis adalah nama lain dari tasawuf (untuk) bisnis. Istilah tasawuf merupakan istilah khas Islam, yang telah muncul sejak lama. Bahkan beberapa penulis tasawuf menyebutkan istilah ini telah ada sejak masa awal Islam, bahkan jauh sebelumnya. Lynn Wilcox dengan mengutip pernyataan Bayazid Bistami (w.878) mengatakan, benihnya ditanam pada masa Nabi Adam. Benih-benih ini berkecambah semasa Nabi Nuh dan berbunga semasa Nabi Ibrahim. Anggur pun terbentuk pada masa Nabi Musa, dan buahnya matang pada masa Nabi Isa. Di masa Muhammad, semua itu dibuat menjadi anggur murni.
Jenis Item: | Buku |
---|---|
Subjects: | 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems |
Divisions: | Buku |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 13 Jan 2016 04:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 03:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |