Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli rumah pada Perumahan Graha Raysa Labuhanbatu

Siregar, Hamidah (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli rumah pada Perumahan Graha Raysa Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hamidah Siregar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi variabel-varibael yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah. Salah satu pengembang rumah PT. Rizky Atma Mulya yang menawarkan salah satu Perumahan yang layak huni yaitu Perumahan Graha Raysa Labuhanbatu. Dengan memberikan kemudahan bagi masayarakat untuk membeli rumah secara kredit. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi bagaimana penjualan rumah terus meningkat setiap tahunnya padahal banyak pengembang-pengembang yang bermunculan dengan memberika terobosan-terobosan baru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan menganalisis faktor yang di anggap penting seperti faktor, Harga, Lokasi, Kondisi Bangunan dan Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan analisi regresi linear berganda dengan Program SPSS versi 20.0 pepulasi yang digunakan adalah masyarakat Labuhanbatu yang menghuni perumahan Graha Raysa Labuhanbatu sebanyak 219. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 69 orang dengan metode Stratified Random Sampling. Berdasarkan analisi yang telah digunakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas serta bebas dari heteroskedastisitas, multikolinearitas dan telah lulus uji normalitas. Pengujian hipotesis dengan mengggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, kondisi bangunan dan lingkungan yang telah diteliti, secara signifikan mempengaruhi keputusan konsumen. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai R Square (R2) adalah sebesar 0.384 atau 38%. Besarnya nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari, modal kerja, pembiayaan usaha, dan jenis barang dagangan mampu menjelaskan variabel terikat, yaitu Pendapaatan Bersih (Y) sebesar 38%, sedangkan sisanya sebesar 62% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Untuk variabel harga berpengaruh terhadap signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah dengan signifikansi 0,035 dan t hitung sebesar 2,154. Untuk variabel lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah dengan signifikansi 0,009 dan t hitung sebesar 2,675. Untuk variabel kondisi bangunan berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah dengan signifikansi 0,000 dan t hitung sebesar -4,356. Untuk variabel lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah dengan signifikansi 0,000 dan t hitung sebesar 5,401.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Perilaku Konsumen, Perumahan, Pengambilan Keputusan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:37
Last Modified: 10 Mar 2020 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8554

Actions (login required)

View Item View Item