Zainuddin, Muhammad (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Dan Akhlaq Dalam Kitab ‘Umdah Al-Roghib Karya Syaikh Abdullah Al-Hararîy. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi muhammad zainuddin.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan aqidah dan akhlaq pada kitab ‘Umdah al-Roghib karya Syaikh Abdullah al Harariy serta penerapan nilai-nilai pendidikan aqidah dan akhlak dalam kitab ‘Umdah al- Roghib Syaikh Abdullah al- Hararíy dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan studi tokoh (life story). Untuk memperoleh data yang sesuai dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian ini adalah kitab ‘Umdah al-Roghib karya Syaikh Abdullah al Haroriyy. Penelitian ini memberikan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan aqidah diantaranya berisi makna syahadah pertama yaitu أشهد أنّ لا إله إلا الله أشهد انّ محمّدارسول الله صلّى الله عليه و سلّم dan berisi sifat 13 bagi Allah. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak terbagi 2, yaitu akhlak terpuji terdiri dari ikhlas, menyesal dari kemaksiatan, menyerahkan diri kepada Allah ta’la, merasa diawasi Allah ta’ala, ridho. Dan sifat tercela terdiri atas sifat ria, ujub, takabbur dan dengki. Adapun penerapan nilai-nilai pendidikan aqidah dan akhlak dalam kitab ‘Umdah al- Roghib Syaikh Abdullah al- Hararíy dalam pembelajaran bukan hanya mengajarkan tentang agama saja akan tetapi mengarahkan peserta didik agar memiliki kualitas iman, takwa dan akhlak yang mulia.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:32 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:32 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8419 |
Actions (login required)
View Item |