Penerapan Permainan Balok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Albarkah Jalan Sudirman Dusun III Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Medan Tahun Ajaran 2018-2019

Wahyuni, Ririn (2019) Penerapan Permainan Balok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Albarkah Jalan Sudirman Dusun III Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Ririn Wahyuni 38154089.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui 1) kecerdasan visual spasial anak sebelum menggunakan permainan balok di RA Al Barkah 2) Untuk mengetahui kecerdasan visual spasial anak saat proses menggunakan permainan balok di RA Al Barkah 3) Untuk mengetahui kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan permainan balok di RA Al Barkah 4) respon siswa saat menggunakan permainan balok dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak 5) respon guru setelah melakukan penerapan permainan balok dalam menungkatkan kecerdasan visual spasial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek peneitian anak usai 5-6 tahun terdiri dari 20 orang anak. Objek penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan kecerdasan visual spasial anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk Cheklis dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisi kualitatif dan kuantitatif. . Hasil penelitian yang diperoleh selama Pra tindakan, Siklus 1, Siklus II yaitu : 1) pada saat pra tindakan dengan nilai rata-rata 1,95 2) permaianan balok belum pernah dilaksanakan di sekolah Al Barkah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak, hal ini diketahui melalui hasil wawancara yang dilakukakan peneliti dengan guru kelas 3) kecerdasan visual spasial anak pada siklus I peningkatan secara klasikal diperoleh 20% hal tersebut menunjukkan bahwasannya kecerdasan visual spasial anak belum meningkatkat secara klasikal, sehingga peneliti melakukan siklus II. Pada siklus II kemampouan klasikal anak mencapai 95%, hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian pada siklus II telah mencapai keberhasilan klasikal 4) Respon anal saat memainkan permainan balok sangat senang 5) respon guru setelah diterapkannya permainan balok dikelasnya merasa senang karena melihat respon anak yang gembira melakukan kegiatan pembelajaran dan melihat hasil belajar anak yang meningkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:10
Last Modified: 12 Feb 2020 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item