Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengembangan Locus Of Control Siswa SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan

Harahap, Agus Susanto (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengembangan Locus Of Control Siswa SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BARNING CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bahwa locus of control siswa karena penanannya sangat besar dalam kehidupan siswa, termasuk dalam kegiatan belajar di sekolah maka perlu terus menerus mendapat perhatian untuk pengembangannya. Guru bimbingan dan konseling sebagai penanggung jawab utama dalam pengembangan kepribadian anak melalui layanan. layanan yang diberikannya perlu terus menfokuskan setiap upayanya pada pengembangan kepribadian anak, termasuk pengembangan locus of control mereka. Inilah dasar utama maka dilakukan penelitian berkenaan dengan pengaruh bimbingan kelompok terhadap pengembangan locus of control siswa SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP-IT Bunayva Padangsidimpuan Jumlahnya secara keseluruhan adalah sebanyak 186 siswa orang. Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 37 orang siswa yang berarti sampel diambil sebanyak 20%. Alat pengumpul datanya adalah angket. Adapun jumlah item angket penelitian mengenai bimbinan kelompok dan locus of control masing-masing sebanyak 30 item. Pengolahan datanya menggunakan teknik Produc Moment. Dari hasil pengamatan penulis, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok hubungan dengan locus of control siswa SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan. Hal ini nampak bahwa keterkaitan layanan bimbingan keompok dalam mempengaruhi locus of control siswa di sekolah. Hasil perhitungan di atas didapat bahwa korelasi antara pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan locus of control siswa sebesar = 0,677, tingkat hubungan ini termasuk pada interval tingkat hubungan sedang. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan locus of control siswa SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan memiliki kaitan yang signifikan yang berarti yaitu keadaan locus of control siswa di pengaruhi oleh layanan bimbingan kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:08
Last Modified: 10 Feb 2020 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item