Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019

Rofiah, Nur (2019) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI SIDANG 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam organisasi kesehatan untuk memelihara dan meningkatkaan kesehatan, mencegah, menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat. Kualitas pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat, perorangan terhadap kesehatan yang sesuai dengan standar dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan Pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan sesuai norma dan etika yang baik sehingga masyarakat merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Terciptanya kualitas pelayanan tentunya akan menciptakan kepuasan pengguna layanan. Kualitas layanan ini pada akhirnya dapat memberikan beberapa manfaat di antaranya terjalinnya hubungan yang harmonis antara penyedia barang dan jasa dengan pelanggan, memberikan dasar yang baik bagi terciptanya loyalitas pelanggan dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mounth) yang menguntungkan bagi penyedia jasa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Cross Sectional Study yaitu untuk megetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada 270 responden dilakukan uji analisis data menggunakan uji chi square dengan dengan taraf signifikan p< Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien dinyatatkan dengan dimana p< maka dapat dinyatakan Ho ditolak atau ada hubungan yang signifikan antara Kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien si Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah tahun 2019, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:55
Last Modified: 31 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7924

Actions (login required)

View Item View Item