Moncot, Moncot (2018) Hubungan Aktivitas Belajar Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Siswa Bidang Tahfiz Al-Qur’an Di MTs. Darul Qur’an Deli Serdang. Masters thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
tesis lengkap moncot.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan aktivitas belajar dan motivasi dengan hasil belajar siswa bidang studi Tahfiz Al-Qur’an di MTs. Darul Qur’an Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini diajukan dengan menguji tiga hipotesis, yaitu Pertama: Terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa bidang studi Tahfiz Al-Qur’an di MTs. Darul Qur’an Kabupaten Deli Serdang. Kedua, terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa bidang studi Tahfiz Al-Qur’an di MTs. Darul Qur’an Kabupaten Deli Serdang. Ketiga, terdapat hubungan aktivitas belajar dan motivasi dengan hasil belajar siswa bidang studi Tahfiz Al-Qur’an di MTs. Darul Qur’an Kabupaten Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs. Darul Qur’an tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 176 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan besar sampel adalah merujuk kepada pendapat Arikunto sehingga diperoleh sampel berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data untuk variabel aktivitas belajar dan motivasi belajar dalam penelitian ini menggunakan angket dengan mempedomani skala model Likert. Sedangkan untuk variabel hasil belajar siswa pengumpulan datanya diperoleh dari dokumen nilai raport. Berdasarkan hasil pengujian terhadap reliabilitas kedua variabel kuesioner ini diperoleh angka koefisien reliabilitasnya sebagai berikut: variabel aktivitas belajar 0.939. dan variabel motivasi belajar 0.986. Hasil analisis hipotesis pertama dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi baik sederhana maupun berganda diperoleh ry.1 = 0,392., sedangkan R2 y.1 = 0,154. Hal ini berarti bahwa hubungan yang ditunjukkan variabel aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa adalah kuat dan sangat signifikan. Analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sederhananya adalah Ý = 37,77 + 0,46X1. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan bahwa ry.2 = 0,405, sedangkan R2 y.2 = 0,164. Hal ini berarti bahwa hubungan yang ditunjukkan variabel motivasi belajar dengan hasil belajar siswa adalah kuat dan sangat signifikan. Analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi sederhananya adalah Ý = 41,29 + 0,18X2. Sedangkan hipotesis ketiga menunjukan bahwa ry1.2.3 = 0,501., sedangkan Ry1.2.3 = 0,252. Dengan demikian ketiga hubungan variabel prediktor penelitian terhadap hasil belajar siswa adalah kuat dan signifikan. Melalui analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi bergandanya adalah Ý = 50,42 + 0,36X1 + 0,15X2.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 07:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7641 |
Actions (login required)
View Item |