Model Pendidikan Akhlak Di MTs. Al-Wasliyah 63 Punggulan Air Joman Kabupaten Asahan

Nasution, Miftah Anugerah (2017) Model Pendidikan Akhlak Di MTs. Al-Wasliyah 63 Punggulan Air Joman Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS MIFTAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dan madrasah dalam membina akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika berpikir ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlak, guru bimbingan konseling dan siswa MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan. Ada tiga temuan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Model Pendidikan Akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman dilakukan secara bervariasi dengan berbagai model diantaranya dengan model Pembiasaan, keteladanan dan pengawasan. Guru selalu membiasakan siswa agar selalu melaksanakan shalat fardhu, senantiasa berdzikir juga menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekita, dan memberikan nasihat kepada siswa setiap apel pagi maupun dalam setiap berlangsungnya proses pembelajaran di Madrasah agar menjadi kebiasaan yang baik bagi para siswa. Selain itu, guru juga memberi keteladanan bagi siswanya seperti berpakaian yang sopan dan menutup aurat, tata krama, maupun shalat zuhur berjamaah dengan siswa. Model pengawasan juga diterapkan dalam membentuk akhlak siswa, guru terus mengawasi perilaku siswa seperti memperhatikan disiplin kehadiran siswa, mengawasi siswa yang sedang melaksanakan shalat berjamaah di mushollah, dan memperhatikan kegiatan shalat fardhu dan shalat Jum’at siswa di lingkungan rumah. 2. Upaya yang dilakukan oleh Guru dan Madrasah dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman mengembangkan kegiatan bidang akademik terutama untuk pelajaran agama Islam. Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan guru dalam mengajar PAI. Kemudian pengembangkan kegiatan non akademik MTs Al-Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman memiliki 5 cabang ekstrakurikuler yang terdiri dari pengembangan diri agama, olah raga, organisasi/ kepemimpinan, kesehatan, dan seni bela diri. 3. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pendidikan Akhlak di MTs Al-Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman kerja sama semua pihak madrasah dalam mengawasi perilaku siswa dan mendidik akhlak siswa, dan guru madrasah yang mampu menjadi contoh bagi siswa baik di sekolah maupun di lingkungan luar terlebih kita semua adalah guru madrasah. Faktor penghambatnya datang dari lingkungan luar yang kurang kondusif untuk pendidikan akhlak, contohnya lingkungan yang jauh dari agama dan perkataannya yang kurang baik. Ini akan berpengaruh kepada akhlak siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:50
Last Modified: 28 Nov 2019 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7420

Actions (login required)

View Item View Item