Amril, Adinda Ramadhany (2018) Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Pensiun Dalam Perspektif Bauran Pemasaran Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kc. Kota Pinang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
SKRIPSI ADINDA RAMADHANY AMRIL NIM. 51143165.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dibawah bimbingan Pembimbing Skripsi I oleh Bapak Dr. Andri Soemitra, MA dan Pembimbing II oleh Ibu Rahmi Syahriza, S.Th.I., MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi marketing pada produk pembiayaan pensiun yang paling tepat sehingga mampu memenangi persaingan. Menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk pembiayaan pensiun. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini selain akan dianalisis secara kualitatif deskriptif penulis juga menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dari hasil analisis didapat strategi pertumbuhan atau growth oriented strategy, strategi ini menandakan keadaan perusahaan yang kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk meraih omzet yang maksimal. Strategi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran I (satu) dimana total weighted score kekuatan-kelemahan sebesar 2.987894 sedangkan total weighted score peluang-ancaman sebesar 2.653142. Posisi pada kuadran ini sangat menguntungkan dan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan tempat dan kebijakan promosi yang mendukung pertumbuhan agresif dari produk pembiayaan pensiun. Dan jika dilihat dari perspektif marketing syariah, strategi pemasaran yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KC.Kota Pinang sudah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis Islam. Untuk pengembangan bauran pemasaran yaitu sudah sesuai dengan prinsip marketing syariah yaitu berdasarkan ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlakiyah), realistis (al-waqiiyah) dan humanistis (insaniyyah).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 08:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 08:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7383 |
Actions (login required)
View Item |