PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD SWASTA ISLAM TERPADU AL- IHYA TANJUNG GADING KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA T.A 2018/2019.

DAMANIK, GUSTRY AYU (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD SWASTA ISLAM TERPADU AL- IHYA TANJUNG GADING KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
GUSTRI AYU DAMANIK 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe index card match terhadap hasil belajar IPA di SD Swasta Islam Terpadu Al-Ihya Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yaitu kelas Ja‟far dan kelas Hamzah yang terdiri dari 30 orang siswa di setiap kelasnya. Kelas IV Ja‟far dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas Hamzah dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes berupa tes obyektif yang berjumlah 20 butir soal berupa tes pilihan berganda. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata -rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Index Card Match pada siswa kelas IV SD Swasta Islam Terpadu Al-Ihya Tanjung Gading berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 2) Hasil belajar IPA yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Swasta Islam Terpadu Al-Ihya Tanjung Gading diperoleh nilai pretest sebesar 35,2 dan nilai postest sebesar 71,3 yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 36,1. 3) Pengaruh model pembelajaran Index Card Match dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Swasta Islam Terpadu Al-Ihya Tanjung Gading dapat dilihat berdasarkan nilai siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu diperoleh nilai pretest sebesar 38,5 dan menjadi 79,67 pada nilai posttest.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:13
Last Modified: 06 Sep 2019 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item