Pengaruh Keterampilan Guru Pai Dalam Memberikan Reinforcement Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sma Al-Ulum Medan

Tanjung, Khairunnisa (2019) Pengaruh Keterampilan Guru Pai Dalam Memberikan Reinforcement Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sma Al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF KOSONG.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara keterampilan guru PAI dalam memberikan Reinforcement terhadap tanggung jawab belajar siswa di SMA Al-Ulum Medan.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik korelasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X, XI, XII SMA Al-Ulum Medan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas 282 siswa dan guru yang berjumlah 47 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berbentuk angket (kuesioner) berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Skripsi, selanjutnya diujicobakan kepada siswa dan guru yang responden penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrument variabel X1 yang terdiri 60 butir, instrument variabel Y yang terdiri atas 58 butir, memiliki validitas. Uji Reliabilitas intrumen, membandingkan nilai r Koefesien Alpha dengan r hitung , diperoleh data bahwa seluruh intrumen variabel X, Y cukup handal (reliabel) untuk menjaring data penelitian ini, Koefesien Alpha X= 0.949, dan Y= 0.940 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat korelasi yang signifikan antara variabel keterampilan guru PAI dalam memberikan reinforcement terhadap tanggung jawab belajar siswa di SMA Al-Ulum Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru Memberikan Reinforcement
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:29
Last Modified: 06 Sep 2019 05:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item