Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Bidang Studi Ipa Materi Gaya Magnet Di Mis Al – Furqon Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Nurjanah, Fitri (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Bidang Studi Ipa Materi Gaya Magnet Di Mis Al – Furqon Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Fix.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif two stay two stray dan metode demonstrasi pada siswa kelas V bidang studi IPA materi gaya magnet di MIS Al – Furqan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan nonequivalent control group desain. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre – test dan post – test yang berbentuk teks objektif. Validitas instrument tes di uji dengan seorang validator dan uji tes dikelas yang sudah mempelajari materi gaya magnet. Dalam validitas tes digunakan juga rumus product moment. Sedangkan reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus KR – 20. Teknik analisis data menggunakan t ¬– test ¬yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Pada kelompok eksperimen I diperoleh nilai rata – rata pre – test adalah 36,4 dan nilai rata – rata post test adalah 71,2. Pada kelompok eksperimen II diperoleh nilai rata – rata pre – test ¬–adalah 38,5 sedangkan nilai rata – rata post – test adalah 77. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 24 – 2 = 43, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,016692 > 0,68107. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif two stay two stray dan metode demonstrasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, metode demonstrasi, Perbedaan hasil belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:11
Last Modified: 10 Sep 2019 02:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item